Sejarah Indonesia, Pertama di Dunia Satelit BRI SAT Sukses di Luncurkan

Minggu, 19 Juni 2016

Setelah Arianespace penanggung jawab peluncuran BRIsat memutuskan MENUNDA selama 24 jam dikarenakan faktor cuaca di Kourou, Guyana. Akhirnya hari ini 19 juni 2016 sukses diluncurkan dari pusat peluncuran Antariksa Arianespace, French Guiana, Amerika Selatan.

Dan BRIsat adalah satu-satunya didunia satelit yang di operasikan oleh institusi Perbankan. Tentunya ini adalah sejarah buat indonesia bahkan dunia.

BRIsat adalah satelit milik Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebuah perusahaan perbankan di Indonesia. Satelit BRIsat dibuat oleh Space System/Loral (SSL) dan diluncurkan di pusat peluncuran Antariksa Arianespace, French Guiana, Amerika Selatan.

Satelit BRIsat mampu menjangkau wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur termasuk sebagian Tiongkok, Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat. Satelit dengan Transponder pita C sebesar 36X36 MHz dan Ku-band sebesar 9X72 MHz ini akan mengorbit di slot 150.5 Bujur Timur. Jalur Orbit tersebut sebelumnya diduduki oleh satelit Indosat yang sudah habis masa tugasnya, Palapa C2. Slot orbit tersebut diberikan kepada BRI melalui perintah Pemerintah Republik Indonesia dengan alasan Indosat tidak lagi menggunakan slot tersebut.


Alasan pembuatan satelit untuk bank ini adalah untuk memangkas pengeluaran komunikasi antar badan pegawai juga dengan pelanggan di seluruh Indonesia dan luar Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut BRI yakin akan menghemat biaya telekomunikasi sekitar 50 persen. Manajemen BRI pun memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap BRIsat. 

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan layanan inklusi keuangan, terutama di sektor mikro yang menjadi bisnis inti BRI, bakal kian melesat setelah BRIsat beroperasi. Asmawi juga yakin BRIsat bisa menekan beban operasi sedikitnya Rp 500 miliar per tahun untuk menyewa satelit. 

Beginilah video detik-detik peluncuran BRISAT yang dipublikasikan oleh Arianaspace :

 

You Might Also Like

0 komentar