Surga Indonesia, Ikan Seharga Alphard yang Menjadi Incaran Dunia

Sabtu, 18 Juni 2016

Kita tahu bahwa kekayaan alam Indonesia sangat luarbiasa , dari daratan maupun lautan Indonesia. Indonesia sangat kaya dengan ragam biota laut termasuk ikan.  Dengan demikian Indonesia menjadi Negara Surga Perairan yang tidak tertandingi.

Beberapa ikan yang paling banyak diburu oleh Negara – Negara lain adalah ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) dan ikan tuna sirip biru (tuna bluefin). Oleh karena itu harga ikan tersebut sangat mahal.

Ikan tuna sirip biru harganya 100.000 IDR – 200.000 IDR per kilogram (kg). Dan berat seekor ikan tuna sirip biru itu bisa mencapai lebih dari 100kg. Jika dihitung dengan harga per Kilo Gram, makan ikan tuna sirip biru dihargai ratusan juta rupiah setiap ekor dan dapat dihargai hingga milyaran rupiah layaknya harga mobil premium atau eksekutif.

"Seekor ikan tuna yellowfin setinggi manusia harganya senilai mobil Alphard. Jadi  memang nilainya tinggi sekali," ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti Illegal Fishing Mas Achmad Santosa, seperti dikutip dari Liputan6.


"Ikan tuna sirip biru paling mahal di Indonesia, harganya Rp 100 ribu-Rp 200 ribu per kilogram (Kg). Itu yang fresh, kalau yang frozen atau beku harganya cuma Rp 10 ribu - Rp 25 ribu per Kg. Sedangkan harga ikan tuna sirip kuning di bawah sirip biru," ungkap Direktur Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Ditjen PSDKP KKP, Tyas Budiman.

Tyas Budiman menambahkan bahwa ikan tuna sirip biru laku keras di  Negara Jepang. Biasanya mereka mengkonsumsi  mentah-mentah menjadi makanan shashimi, karena ikan tersebut mengandung banyak protein yang tinggi dan bisa meningkatkan vitalitas.

Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena kualitas baik dibanding jenis ikan lain. Tak heran, jika para pembeli rela untuk mendapatkan ikan ini dengan harga yang mahal. Pasar tuna yellowfin terbesar dari Indonesia adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Gimana, Keren bukan ?. Kita harus bangga menjadi Indonesia.

You Might Also Like

6 komentar

  1. namun kebanyakan nelayan indonesia gabisa menangkapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu peran pemerintah, seharusnya membantu mereka.

      Hapus
  2. setuju dengan susi jaga perairan indonesia agar terhindar dari nelayan asing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semoga ibu susi tetap sehat dan bisa membasmi pencuri ikan di indonesia.

      Hapus
  3. indonesia surga tapi penghuninya tak bisa merasakannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, semoga pemerintah membantu kesejahteraan para nelayan.

      Hapus