Arti Status Pengiriman Paket JNE

Kamis, 11 Agustus 2016

Di dalam era global ini, kemudahan dalam pengiriman logistik (barang, dokumen dll.) secara cepat adalah suatu hal yang orang-orang perlukan. Salah satu jasa pengiriman logistik yang paling terkenal selain POS Indonesia adalah JNE. JNE sekarang ini menjadi trend tersendiri bagi para pecinta belanja online di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kecepatannya dalam proses pengiriman logistik.

JNE sendiri telah menyediakan informasi tracking bagi pelanggannya. Pelanggan bisa langung memantau paket pengirimannya sudah sampai mana dan seperti apa keadaanya dengan memasukkan nomor resi yang diberikan oleh pihak JNE ke sistem tracking JNE. Dan untuk mengakses sistem tracking JNE anda bisa akses di website www.jne.co.id.

Nah, bentuk status paket JNE biasanya bermacam-macam. Dan belum tentu orang awam mengetahui arti dari setiap status dari informasi tracking JNE. Dan berikut, kami akan berbagi beberapa maksud dari status pengiriman paket JNE.

Pengiriman Secara Normal
Status pengiriman secara lancar dan langsung sampai alamat tujuan tanpa kendala apapun. Biasanya urutan-urutannya sebagai berikut:

[Update]
Tracking yang terbaru dari JNE cukup mudah dipahami. Seperti gambar berikut:


[Yang lama]
No. Status Arti
1 Manifested Logistik/barang yg akan dikirim telah diterima JNE, dan barang tersebut menunggu proses pengiriman.
2 On Process Paket Logistik / barang dalam proses pengiriman ke kota tujuan,
3 On Transit Paket Logistik / barang sedang transit di kota tertentu, dan paket akan diteruskan sampai ke kota tujuan.
4 Received On Destination Paket sudah sampai di JNE kota tujuan dan paket akan diantar ke alamat tujuan. Tahap ini, pihak penerima paket seharusnya sudah siap-siap untuk menerima paket di alamat tujuan.
5 Delivered Barang telah diterima dialamat yang dituju. Dan biasanya tertera nama penerima dari paket tersebut. Jika anda sedang tidak di tempat alamat tujuan, segeralah konfirmasi ke pihak yang bersangkutan di alamat tersebut. Misalnya, pak satpam di tempat itu atau anggota keluarga kamu dll.
Status JNE Lain-lain
Selain status paket diatas, ada juga status lain dari JNE. Kondisi ini biasanya paket ada masalah atau kendala dalam pengiriman.

No. Status Arti
1 AU (Antar Ulang) Paket yang sudah sampai dikota tujuan, sudah di antar untuk dikirim. tapi karena kendala pas diantar pada hari sebelumnya maka paket akan di antar ulang kembali oleh kurir.
2 BA (Bad Address) Alamat yang dituju salah atau tidak jelas.
3 MR (Misroute) Pengiriman salah dalam menggunakan jalur pengiriman. JNE akan segera membetulkan jalur pengiriman paket yang digunakan.
4 CC (Criss Cross) Paket telah tertukar dengan paket lain.
5 RD (Redelivery) Paket akan dikirimkan kembali, ini bisa disebabkan penerima tidak ada di rumah.
6 Closed Once Delivery Attempt Paket sudah diantar ke alamat tujuan, tapi alamat penerima ternyata salah / kosong. Sebaiknya anda menghubungi kantor cabang JNE di kota alamat tujuan.
7 Cnee Unknown (Consignee Unknown) Nama penerima paket tidak dikenali di tempat tujuan pengiriman. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kesalahan dalam penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.
8 NTH (Not at Home / Not Home) Ketika paket diantar ke alamat tujuan, tidak ada orang yg bisa menerimanya.
9 Box Delay Paket anda sudah ada di kantor JNE kota tujuan, tapi tidak dikirim dikarenakan alamat yang dituju salah atau tidak jelas.
10 Box Undel (Box Undelivered) Paket telah dikirim oleh kurir ke alamat tujuan, tapi saat itu ditempat tidak ada orang. Sedangkan penerima sudah di telepon berkali-kali melalui nomor telepon dari data pengirim, namun tidak ada respon.
11 Invalid Bag Berarti paket anda salah masuk tas ( invalid bag ). JNE akan segera membetulkan, silahkan tunggu saja sampai ada pembaruan status JNE berikutnya.
12 LBA (Luar Batas Antar) Tempat tujuan penerima diluar zona JNE. Dan biasanya disebabkan oleh alamat yang letaknya ditempat terpencil.
13 AU to OPS Paket yg sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima, telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk proses pengiriman kembali.
14 Hold Paket sedang ditahan oleh pihak JNE.
15 HO/Hand Over Paket telah diserahkan ke pihak lain. Dan biasanya di serahkan ke agen/kurir JNE yang lebih dekat dengan alamat yang dituju.
16 HVS (High Value Shipment) Di dalam paket yang dikirim, termasuk kategori benda berharga / bernilai tinggi.
17 CL Kondisi tempat yang dituju sedang kosong atau tutup.
18 Pending Undel Paket kamu tidak terkirim ( Undelivered ) dan masih ditunda ( Pending ) untuk proses selanjutnya.
19 FW (Forward) Paket diteruskan ke JNE kota tujuan.

Nah itu dia beberapa istilah status pengiriman pada tracking paket JNE. Mungkin ada beberapa perubahan nama istilah status atau ada isitilah baru yang belum ada diatas, silahkan jangan sungkan untuk memberitahukan kepada kami di kolom komentar, Dan jika anda mengalami masalah saat pengiriman baik paket telah rusak atau belum datang, silahkan sampaikan keluhan ke pihak JNE.

Oleh : Andik Setyawan

You Might Also Like

4 komentar

  1. kurang banyak
    23-01-2017 17:00 SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [PURBALINGGA,KAB.PURBALINGGA]
    23-01-2017 18:09 SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [PURBALINGGA,KAB.PURBALINGGA]
    23-01-2017 18:10 RECEIVED AT SORTING CENTER [SEMARANG]
    23-01-2017 18:27 SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [SEMARANG, KUMUDASMORO]

    BalasHapus
  2. status pengiriman jne aku cr6 gan, new address. apa maksudnya ya gan? mungkin agan ada informasinya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah alamat agan salah atau bagaimana gan, kmungkinan ada penyesuaian/perubahan alamat gan.

      Hapus