Cara Bermain Aman Memasang Iklan Pop-under

Jumat, 12 Agustus 2016

Ketika kamu memasang sebuah iklan pada dasarnya kamu ingin sebuah situs blog/website kamu itu menghasilkan pundi-pundi rupiah / dollar tiap hari. Tapi jika kamu memasang iklan berjenis Popunder, ada beberapa hal  yang perlu diperhatikan jika kamu tidak ingin kehilangan visitor situs kamu secara signifikan.

Pertama, kalau teman-teman belum tahu, apa sih iklan berjenis Popunder itu ? . Iklan berjenis Pop-under adalah jenis iklan yang muncul apabila si user atau pengguna browser meng-klik dimanapun di sebuah halaman web. Biasanya iklan akan muncul di halaman tab baru / newtab browser atau di jendela browser baru / new window browser. Contoh jaringan iklan tersebut adalah popads , popcash, poptm dan lain-lain.

Nah, perlu kamu ketahui, iklan bertipe Popunder itu bisa mengganggu aktifitas pengguna dalam menjelajahi situs kamu. Dan itu tergantung sebesar mana intensitas munculnya iklan dari pop-under tersebut. Ada yang mengatur iklan hanya muncul 1 jam sekali, atau per IP / pengguna sekali, atau ada juga yang tanpa batas iklan akan muncul terus ketika si user meng-klik halaman situs. Tentu yang terakhir menurut saya sangat menganggu.

Tips supaya visitor web tetap aman
- Pasanglah iklan Popunder yang bisa diatur dengan instensitas tampil hanya per-jam sekali atau jika perlu pasang iklan yang hanya tampil per unik IP (khusus buat yang visitornya sudah banyak dan sngat mementingkan kenyamanan visitor).
- Jangan pasang iklan Popunder untuk halaman mobile atau dalam handphone. Nah ini yang paling penting, memasang iklan popup - popunder di halaman mobile adalah langkah yang sangat fatal. Dan ini saya jamin akan membuat visitor anda akan turun drastis jika visitor kamu banyak melalui device mobile / handphone. Kenapa demikian ?

Oke saya lanjut, kenapa bisa seperti itu?. Sesuai pengalaman saya, jika iklanpopunder di klik pasti akan muncul window baru. Hal yang membuat jengkel adalah bentuk iklannya seperti pemberitahuan bahwa handphone kamu sudah rusak atau ada virus. Dan parahnya lagi,biasanya halaman tidak bisa back  ke halaman web sebelumnya. Dan jika seperti itu, otomatis si visitor akan keluar dari browser. Dan kesimpulan-nya si visitor tadi tidak akan membuka web anda lagi.

Terus bagaimana mengakalinya jika ingin memasang iklan popunder tapi tidak tampil di halaman mobile / handphone ?

- Pisahlah template dari situs anda antara template untuk dekstop atau untuk mobile. Cukup mudah jika situs anda berbasis blogspot. Cukup hanya mengaktifkan default template mobile.
Template Selluar Aktif (Blogspot)
- Menambahkan kode script. Caranya cukup mudah, logikanya sederhana yaitu jangan pasang (create) iklan, jika si user teridentifikasi mengakses halaman web kamu dari mobile / handphone. Jadi anda harus mengerti sedikit tentang kode script program.

Pertama , supaya lebih gampang dan akurat, saya akan menggunakan library PHP. Library tersebut adalah :

Library PHP mobiledetect dari http://mobiledetect.net/
Silahkan download dulu file .php nya, dan upload ke server anda. Caranya memakainya cukup mudah yaitu :


Ganti teks kodeiklan dengan kode script iklan kamu.

Tapi jika anda kurang mengerti menggunakan library diatas, dibawah ini saya akan kasih tahu list code dari javascript dan php langsung, jadi tanpa menggunakan Libary diatas.

- JAVASCRIPT (Rekomendasi jika menggunakan Platform Blogspot)

Code :

Di kode diatas, cari kode seperti Dibagian bawah ini , editlah sesuai kode iklan yang dibagian document.write('...'). Saya sarankan , tulislah seperti dikode yang saya contohkan, yaitu dengan meng-write document perbaris dari kode iklan kamu. Jangan lupa juga untuk men Escape karakter huruf.  Escape karakter ? penjelasan dibawah ya.

Contoh iklan dari Popcash:


Contoh iklan dari POPTM:



Contoh dari iklan popcash kita menambahkan backslash untuk karakter kutip (') dan meng- create document perbaris karena biar mudah aja. Untuk yang contoh dari POPTM, Karena kutip satunya (') lebih banyak dari pada kutip double (") nya, jadi yg kita escape yg kutip double (") saja. Supaya tidak capek nambahin backslash (\) kalau terlalu banyak kutip satunya ('). Terus untuk meng-escape karakter backslash (\) juga tambahi satu backslash. Misal ada (\) jadi (\\) , klo backslash nya dua (\\) jadi (\\\\). Bingung juga ya jelasin pakai bahasa orang awam. Kalau kamu tahu coding pasti mudah mengerti kok. Jadi intinya kita Escape string supaya karakter tetap terbaca sebagai String.  Untuk lengkapnya baca : https://en.wikipedia.org/wiki/Escape_character

Dan jika kamu menggunakan blogspot, tinggal copy dan edit kode diatas dengan code iklan kamu, lalu tinggal tambahkan di widget blogspot kamu.

- PHP

Jangan lupa, gantilah kode berikut sesuai kode iklan kamu ya. Jangan lupa perhatikan tanda kutipnya ya. Kalau ada tanda kutip silahkan tambahkan tanda slash (\). Pokoknya seperti contoh diatas.

Contoh iklan popcash:



Oke, cukup sekian dari saya. Mohon maaf jika tulisan saya tidak mudah untuk dimengerti. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di komentar.

Oleh : Sutekno Js

You Might Also Like

27 komentar

  1. Pagi mas, terima kasih artikelnya. Bermanfaat sekali. Memang iklan pop up di tampilan mobile itu mengganggu banget.

    tolong dijelaskan lagi maksud "download dulu file .php nya, dan upload ke server anda"

    maksudnya apa tinggal pakai kode yang disajikan di atas? kalo pake blogspot, apa tinggal copy ke templatenya gitu mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel sudah saya update, silahkan di baca bagian kode javascript, kalau belum mengerti atau ada yg gk work pas dipraktekin, bisa langsung balas komen ini ya bro :)

      Hapus
    2. Kalau untuk kode poptm gimana mas? yang adblock bypassing code, itu kan panjang kodenya, saya lihat banyak tanda petik satunya. Dikasih slash semua itu mas?

      Hapus
    3. Artikel diatas sudah saya tambahkan contoh untuk POPTM ya gan, silahkan di tiru ya. Bingung jg jelasinnya, kalau pakai bahasa orang programmer mngkin mudah. tp bahasa orang awam bngung milih katakata nya hehe. jadi kalau blum paham, comment aja lagi.

      Hapus
    4. Sip mas..terima kasih. Saya udah coba dan terapkan.Dan sudah saya cek, iklan jadi gak tampil di mobile. Works

      hehe.. saya memang buta banget soal koding mas. :D Tapi uraian di atas sudah cukup jelas kok buat awam kayak saya.

      Tapi mau tanya mas, javascriptnya di atas apakah memang pengaruh berat ke loading blog? soalnya saya rasa loading blog jadi agak berat setelah barusan pake kode di atas.

      Hapus
    5. Tidak gan, karena kode javascript diatas load-nya atau prosesnya hanya di client. kodenya jg sedikit dan pure javascript. saya sarankan taruh code nya di bagian footer.

      Hapus
  2. Artikel nya banyak menambah wawasan, terima kasih. Tetapi saya mempunyai satu pertanyaan mengenai topik ini. Saya sudah memasangnya pada Widget di platform Blogger dengan rangkaian kode yang sudah disediakan. Apakah benar jika saya menaruhnya kedalam widget? Atau harus diletakkan di Edit HTML? (Soalnya belum ada interaksi apapun dari statistiknya.) Takutnya saya salah simpan. Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama, ditaruh dimana aja gpp gan , cuma berpengaruh proses load iklannya, jika kmu menaruh diatas tentu iklan kamu akan terbaca diawal, saran saya taruh di footer aja, supaya tidak membebani proses load blog agan.
      Yang kedua , kalau bbelum ada interaksi coba dipastikan kembali bahwa code agan benar :D yg contoh diatas adalah hanya contoh, pastikan edit yang perlu diedit dengan code iklan agan. klo yakin sudah benar.silahkan di coba di dekstop maupun hape apakah sudah jalan. jika masih bingung silahkan kirim email (halaman contact) kekami code iklannya, ntr secepatnya akan kami balas.

      Hapus
  3. Artikel nya keren min, tapi apakah ada script yg selain untuk blogspot ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk blogspot pakai script yang Javascript gan. Mustahil pakai script lain. Kalau ada masalah bisa email ke kami, nanti kami bantu editin scriptnya.

      Hapus
  4. Infonya bermanfaat. Pingin coba poptm buat ngebuktiin beneran bayar atau tidak. Masalahnya 90% pengunjung blog saya dari mobile. Kalau pasang kode iklan poptm apa adanya gitu ada kemungkinan blog kena pinalty tak terindex google gak ya?
    Ada yang punya pengalaman buruk gara2 pasang poptm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pengaruh kok gan. tapi takutnya kalau pasang iklan popunder biasanya ada iklan langsung redirect gan. nah itu yang kena suspend biasanya. alasanya 'Pengalihan seluler tersembunyi terdeteksi' . jika kena sanksi itu situs kamu langsung deindex semuanya gan. tapi kamu masih bisa memperbaiki dan minta peninjauan ulang agar situs kamu terindek google kembali.

      Hapus
    2. Oya komentar saya diatas adalah kasus di mobile. kalau di dekstop aman aja kok kk.

      Hapus
    3. Lumayan ribet juga kodenya gan :D

      Hapus
    4. Mudah gan :D klo cuma dilihat ya kliatan ruwet.

      Hapus
  5. kalau double popup gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal di tambah gan di script 'document write'-nya .

      Hapus
  6. kalau hanya mengaktifkan default template mobile itu udah bisa kah? tanpa perlu edit script kode iklannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan kalau kamu memakai blogspot, kalau kamu aktifin template-nya pisah dan berbeda :D

      Hapus
  7. kalo contoh untuk popads ada gan

    BalasHapus
  8. kode POPTM error gan coba cek lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung bagaimana kamu ngeditnya gan :D harus teliti ya

      Hapus
  9. Dari beberapa pop under tersebut, mana yang paling bagus gan, apakah popads, pop cash atau pop tm ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pop ads gan. tinggal diset berapa delay waktu muncul iklannya.

      Hapus
  10. Ni yg ane cari" gan sip infonya ijin coba

    BalasHapus
  11. Pop tm skrg" ini jelek bgt ratenya tidak seperti awal" min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan, jelek sekarang.. mending POPADS kalau sekarang.

      Hapus