Kecewa Dengan CPM Lokal Ambient Indonesia

Jumat, 05 Agustus 2016


Perlu diketahui Ambient Indonesia adalah salah satu jaringan iklan di indonesia. Iklannya berbentuk banner / video. Awalnya saya tertarik memasangkan iklan di salah satu website saya karena memang iklan dari ambient indonesia kelihatan premium. Iklannya berbentuk video dan pengiklannya perusahaan-perusahaan kelas atas di indonesia seperti iklan sepedah motor, bank, trailer film hollywood, rokok, maupun iklan-iklan lain layaknya seperti iklan di TV.

Terus, apa yang menjadi masalah Ambient Indonesia ?
Pertama anda harus tahu bahwa pembayaran dari ambient indonesia adalah NET60. Jadi iklan anda akan keluar invoice pembayaran setelah 2 bulan lamanya (belum proses pembayaran). Sebetulnya kalau sistem NET60 menurut saya masih bisa dimaklumi.

Setelah nunggu 2 bulan lamanya akhirnya invoice pembayaran keluar berbentuk PDF dan statusnya waiting to pay (berarti menunggu pembayaran). Dengan balance 670.000 sekian dari akumulasi pemasangan iklan skitar 10 hari dibulan pertama dan untuk bulan ke 2 mendapatkan sekitar 2.7 juta, memang bukan besar tapi kepercayaan adalah hal yang sangat penting bagi para publisher iklan.

Bentuk Invoice seperti dibawah ini (bisa didownload dari field Action gambar diatas):

Invoice .pdf


Setelah beberapa hari saya biarkan lagi dan saya cek lagi status pun masih sama aja yaitu waiting to pay. Dan akhirnya saya menanyakan dari email ke support ambient indonesia. Berikut percakapan kami :

Email dari CS AmbientIndonesia

Pertama saya bingung maksudnya gimana ? maksudnya invoice dikirim itu gimana ? karena penasaran saya googling dong sebentar, dan akhirnya saya mengerti juga.

Maksudnya gini, intinya kita harus mengirim surat invoice .pdf yang sudah dicetak dan ditandatangani oleh user publisher. Dan setelah itu kirim ke kantor pusat (jakarta) mereka , bisa melalui Pos Indonesia dll. 

Dan yang bikin kesal lagi setelah anda mengirim invoice pembayaran ke kantor ambient indonesia kitapun masih disuruh nunggu lagi 30-60 hari dari hari surat kita terkirim ke kantor mereka. Dan itupun belum tentu pihak mereka disiplin membayar di waktu tersebut. Karena ada jugacurhat beberapa teman-teman dari forum yang juga lebih dari 60 hari setelah kita mengirim surat ke kantor mereka.

Bagaimana ? Masih mau masang iklan ambient indonesia ? Saya ingatkan ambient indonesia bukanlah SCAM. Tapi memang pembayaran seolah-olah dipersulit. Jaringan iklan yang satu ini khusus buat teman-teman yang sabar ya. 

UPDATE PENTING.
Setelah kami mencoba mengirim 3 invoice berbarengan (3 invoice dalam 1 surat), Dan mereka membayar total semua 3 invoice tersebut setelah sekitar 40 hari dari surat terkirim ke Kantor mereka.
Dan setelah itu kami selalu mengirim invoice tiap bulan kira-kira ada 5 bulan lebih. Jika ditotal kira kira ada 40jt lebih dan tidak ada satupun yang dibayar lagi. dan akhirnya kami memutuskan mencopot iklan dari ambient.

Update 27-05-2017
Oleh : Irfan Kerr

You Might Also Like

13 komentar

  1. wadoh berat kalo begitu caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Legit banget bro eCPM nya :D tpi pembayarannya yang sulit :(

      Hapus
  2. busettttttttt brarti 4 bulan baru kluar
    tu apaaan

    BalasHapus
  3. kalau blogger kecil seperti kita tidak terlalu diprioritaskan gan, terutama masalah pembayaran, mereka hanya fokus pada pemain besar khususnya porta berita yang punya kantor di jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat memang gan. Saya ketrima tapi nggak ada iklan yang tayang

      Hapus
    2. Kurang tahu juga gan, semoga sih bisa dipercaya. tapi sekarang ambient indonesia menerima iklan banner juga.

      Hapus
  4. Mending adsense gan, langsung cair via WU atau pending ehari ke rekening kawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo dibandingin adsense ya jauh gan, mereka kan perusahan besar. Walaupun ketidak jelasan diatas mereka tetap mebayar kok gan. pengalaman saya, coba kirim 3 invoice bebarengan, dan 3 invoice tersebut setelah sekitar 40 hari dibayar semua.

      Hapus
    2. Wah saya bukan type orang sabar gan hahahhaa... ini malah ivpois dari bulan januari 2017 aja belom keluar sampai detik ini bulan juli, , , seolah buta gan hahahaha..

      mending copot aja, maksimalin yang sudah jelas besar pendapatannya dan mudah dalam proses pembayarannya gan.

      salam online gan. . .

      Hapus
    3. @KANG MAMAD hehe ini khusus orang yang suabar buanget gan :D jangan coba2 smbrangan ya

      Hapus
  5. Gan...apakah ada rekomendasi CPM atau PPC/CPC lokal Indonesia yang bisa dipercaya tahun 2017 ini ? Saya kapok pakai CPM/CPC luar negeri biar gede bayarannya karena yang satu sudah hampir sebulan enggak dibayar dan satunya lagi saya sudah transfer ke Paypal tapi tidak ada masuk uangnya ke akun Paypal saya padahal laporan di akun iklannya sudah dikirim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Geniee gan :) keren iklannya gan. cocok di sandingkan dengan criteo.

      Hapus