Review CPM Criteo - Bentuk Banner Iklan Paling Keren dan Bersih setelah Adsense ?

Jumat, 14 Oktober 2016
Criteo mempunyai bentuk banner iklan paling keren dan bersih setelah Adsense ? Santai, itu pendapat subjektif dari saya sejauh ini. Silahkan disimak sampai akhir artikel ya.

Criteo adalah salah satu jaringan iklan yang menerima trafik dari Indonesia. Criteo didirikan di kota Paris, Prancis. Didirikan oleh Jean-Baptiste Rudelle, Franke Le Ouey dan Romain Nicoll pada tahun 2005. Dan saat ini Criteo telah digunakan oleh lebih dari 180 juta situs dari 30 negara atau lebih.
Tampilan Halaman Utama Criteo Publisher
Setelah membuka cabang kantor regional di Singapore pada tahun 2013, kini criteo telah merambah wilayah Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia. Criteo bertekad membantu perusahaan indonesia untuk memberikan kinerja pemasaran yang semakin baik dan sesuai sasaran. Dan dengan populasi indonesia yang mencapai 250.000.000 jiwa, Indonesia di pandang sbg market yang sangat menjanjikan bagi Criteo.

Syarat untuk mendaftar  jadi publisher iklan dari Criteo erbilang mudah. Tanpa ada syarat khusus untuk mendaftarkan situs anda. Supaya rasio diterimanya situs anda tinggi, saran saya pageview dan visitor situs kamu sudah lumayan, yakni diantara ribuan perhari.

Criteo mendukung format iklan banner / display ads. Dengan pilihan banner yang cukup banyak, hampir semua ukuran mendukung. Tapi tidak mendukung ukuran banner otomatis layaknya dari adsense.

Pasti kalian sudah penasaran bagaimana bentuk iklannya dari Criteo, ya karena menurut kami itu yang menjadi poin plus dari Criteo. Silahkan lihat dibawah ini dulu ya :

Contoh Banner 300x250 Criteo
Contoh Banner 970x250 Criteo
Bagaimana ? Keren bukan.
Perlu kamu ketahui, sejauh ini setelah memasang iklan dari Criteo lebih dari 4 bulan.Saat ini, iklan dari criteo hanya menampilkan iklan dari perusahaan-perusahaan toko online besar di Indonesia. Seperti Tokopedia, bukalapak, Lazada dan banyak lainnya. Dan kalau kita lihat dari contoh diatas, bentuk iklannya pun sangat mirip dengan adsense. Kita tahu bahwa cukup sulit loh nyari jaringan iklan CPM selain adsense yang banner nya seperti diatas. Karena yang banyak di CPM lain banner-nya hanya malah berisi banner 'download'. Dan itu saya rasa membuat citra blog kita menjadi buruk jika blog kita diluar niche download. Nah karena itulah saya bilang Criteo ini keren. Apakah setuju ? :D.

Berapa Besar eCPM atau Bayaran dari Criteo ?
Perusahaan yang berkantor pusat di Paris ini menggunakan basis CPM (Cost Per Million) dan CPC (Cost Per Click). Yang artinya, publisher akan dibayar perseribu tayangan maupun perklik dari iklan tersebut.

Sebagai perbandingan, lihatlah statistik yang kami ambil dari salah satu situs kami selama 2 bulan (Juli - Agustus 2016) :
Statistik Grafik Criteo
Statistik Criteo diatas diambil dari situs dengan jumlah page view situs antara 24.000pv  sampai 150.000pv. Atau dari pageview tersebut, situs kami mendapat visitor (per IP) 7000v -  44000v. Dan dengan hanya memasang 1 banner dengan ukuran 970x250 yang tempatnya di header situs.

Nah dengan pengunjung seperti itu kami mendapat 3$-10$ perhari. lihatlah statistik grafik diatas bahwa garis biru adalah revenue (pendapatan) , Orange adalah impresi. L
ihatlah juga bagian gambar detail statistik akhir bulan Agustus dibawah ini:
Detail statistik akhir bulan Agustus
Lebih detailnya , silahkan buka data excel berikut untuk mengetahui perbandingan statistik dari Criteo dengan statistik situs kami (Histats) :
Link : https://1drv.ms/x/s!As6Te1DeqSxRhAz53HGuMtLG3FWX
Preview: Pembayaran
Pembayaran dari Criteo adalah dengan sistem NET30. Pendapatan iklan akan dibayar di bulan selanjutnya. Dan biasanya Criteo akan membayar di akhir bulan dari bulan selanjutnya tersebut. Tapi jika pendapatan kamu sudah melebihi 50$ ya.
Billing Criteo
Bukti Pembayaran Lengkap

Contoh:
Misalnya dibulan akhir bulan Agustus total pendapatan kita sudah melebihi batas ambang pembayarn. Pertama invoice pendapatan  kamu akan keluar pada akhir bulan Agustus atau mudahnya 1 September aja lah dan status payment masih Pending. Invoice yang berbentuk file PDF tersebut berisi catatan catatan jumlah pendapatan kamu yang akan dibayar maupun detail bank kamu. Selanjutnya kamu akan dibayar di akhir bulan september (30-31 September).

Criteo saat ini hanya menerima pembayaran melalu Wire Transfer Bank. Jadi pastikan kamu mengisi data bank kamu secara benar ya, jika salah pembayaran kamu akan di bayar bulan selanjutnya. Berikut saya kasih contoh detail bank yang sudah pernah saya coba dan masuk tiap bulan:

- BRI
Bank BRI Details
-BCA
Bank BCA Details


Kesimpulan
- Criteo sangat recomended untuk dipasang sebagai alternatif Adsense. Selain bentuk iklan yang bagus, pendapatan iklan juga lumayan besar.
- Ulasan diatas hanyalah sebagai perbandingan, tentu rasa dari setiap situs pasti berbeda, karena itu silahkan teman-teman coba sendiri, silahkan register di sini : https://publishers.criteo.com.

Sekian, terimakasih.

Diupdate 09-Feb-2017
Oleh : Andik Setyawan

You Might Also Like

37 komentar

  1. Mau nanya. Adservernya yang bagus itu diset apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum tahu gan. pas awal daftar di random aja. ntr jg bisa diganti kok pas di control adminnya.

      Hapus
    2. Makasih gan. Untuk CPM Floor mendingan di set berapa ya ?

      Hapus
    3. CPM floor saya di paling rendah gan :D 1 yen jepang semua. soalnya contoh diatas saya pas daftar salah pilih server jepang :v. jadi set cpm floor nya jg mata uang jepang.

      Hapus
  2. Baru mau bayaran untuk pertama tapi hingga tanggal 10 nov ini belum juga nyampe.
    Mau tanya dong, kok saat saya klik link "Payment issued" di Payment Status data
    Bank name:
    Routing Number:
    Bank account:
    semuanya kosong. Ini gimana ya? Apakah ini nantinya baru terisi setelah pembayaran diterima atau bagaimana?
    Untuk payment saya juga pake BRI tapi untuk Bank Identifier saya isi 0020607 karena mengacu bank code+branch code
    untuk SWFIT code saya isi sama seperti diatas.
    Mohon infonya, apakah kira2 nanti pembayaran dari criteo ini nantinya tetap bisa saya terima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting data di invoice nya sudah benar gan. kalau kosong coba di submit lagi gan. biar meyakinkan. Hati -hati jangan sampai salah gan. nanti nunggu sebulan lagi PO nya :D atau kalau masih bingun coba contact ke support mereka gan.

      Hapus
    2. Maksudnya yang diSUBMIT lagi itu apanya gan?

      Oya, kalaupun memang salah ngisi berarti akan diakumulasi ke bulan berikutnya gitu ya earning kita?

      Hapus
    3. Ya maksudnya di Inputkan lagi gan.
      Kalau salah , pembayaran akan di gabungkan dgn pembayaran bulan berikutnya gan.

      Hapus
  3. Tanya dong om, PV 24K - 61K tapi saya liat Total Impression diatas 100K per hari, itu kan cuma pasang 1 unit doang

    Nah perhitungan total impressionnya gimana yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya maaf gan, setelah kami cek lagi, situs kami di tanggal 26-31 mendapatkan pv dari histats sekitar 130ribu. Jadi total impression nya itu adalah mendekati pv dari situs kamu gan. Dan sedangkan impression from criteo kemungkinan impresi dari iklan yang muncul, karena iklan banner dari criteo kadang muncul kadang gak gan. Iklan muncul berpengaruh juga dengan cache browser client yang sudah mengunjungi situs yang menjadi pengiklan criteo. Untuk lebih detail statistiknya silahkan buka excel berikut gan https://1drv.ms/x/s!As6Te1DeqSxRhAz53HGuMtLG3FWX , sudah saya kasih perbndingan criteo+histats.

      Hapus
    2. Sip makasih jawabannya gan, maaf baru sempet cek lagi disini
      Oh iya itu bagian payment - Bank Identifier diisinya ko sama dengan swift code yah?
      Kalau sy liat keterangannya kode bank + kode cabang, jadi kalau saya ngisinya kode mandiri + kode cabang buka rek, beda dengan swift code. Apa ini udah bener atau harus samain pakai swift code kaya gambar diatas gan?

      Makasih

      Hapus
    3. Dulu saya juga saya isi begitu gan, saya isi kode bank + kode cabang . tapi katanya cs-nya sih salah. dan sata ganti swift code dua-duanya. buktinya sampai saat ini perbulan masih masuk ke rekening gan.

      Hapus
  4. Mau nambah dikit om, sebetulnya PO bukan cuma $50 tapi tergantung akunnya, kalau saya dapet akun jepang jadi PO minimal 5000JPY, kalau dikonversi ke USD ga sampe $50 bisa PO

    Sekalian tanya, itu kalau udah payment issued biasanya berapa lama masuk ke rekeningnya? soalnya diakun saya udah issued tgl 27 hari ini tapi blom ada dana masuk ke rekening

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut bantu jawab. Tunggu 1 bulan gan. Pembayaran saya issued 31 januari 2016. Masuk 27 Januari 2017

      Hapus
    2. Biasanya 2 hari an gan. Sesuai pengalaman (sudah pernah PO 5 kali) paling lambat masuk ke rekening saya tanggal 1 gan. perubahan invoice status dari 'payment pending' ke 'payment issued' biasanya jg antara tanggal 25-28.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Munculnya Iklan tergantung cache di browser kamu gan. Kalau kamu pernah buka situs jual beli online besar di indo ntr jg iklannya muncul. tapi jika kamu reload terus ya iklan kadang jadi gak muncul.
      jika kamu coba buka lazada, lihat cache nya, pasti ntr ada criteo yang menyimpan cache. Google adsense pun saya rasa kerja sama dgn criteo untuk masalah pengumpulan data client yg berupa cache dari toko2 online di indonesia.

      Hapus
  6. iya gan, iklannya dari toko online indo mayoritas, dari 90K visitor, take rate criteo hanya 22% :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi lumayan gan, saya bisa tembus 1000$ bulan 12-01 kmren :'D

      Hapus
    2. gmn cranya gan biar iklannya muncul,, set cpmnya paling rendah berapa?

      Hapus
    3. saya 1 yen gan, soalnya saya pas daftar milih region japan.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Ya masih gan... agak lama tapi reviewnya.

      Hapus
  8. wuih manteb mas itu $1000 dari 1 blog indo kah ?
    visitor berapa itu mas ?
    saya kok pv 100.000an sehari cuma dibawah $5 ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. CPM akhir tahun lagi tinggi2nya gan :D . pv saya sekitar 250rb dan pasang beberapa banner.

      Hapus
  9. invoice untuk earning februari dah muncul belum gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Earning selalu muncul pada tanggal 1 gan.

      Hapus
  10. Jadi pengen ikutan nyoba gan... masih lancar kan payment nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lancar gan :D tpi earning akhir2 ini agak menurun.

      Hapus
  11. Kalau mau pasang iklan Criteo di AMP bisa ga mas? misalkan posisi iklan criteo mau saya pasang sebelum paragraf 2 dan sebelum paragraf 4.
    kan di AMP bawaan plugin WP hanya menyediakan 4 Slot saja. Misalkan mau edit bagian editor template bisa ga ya?
    mohon solusinya.
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mending custom aja gan. pake javascript aja.

      Hapus
  12. ngambil kode iklannya gimana min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode Iklan tersedia jika akun kamu sudah disetujui gan

      Hapus
  13. Minimal visitornya berapa mas klo mau daftar Criteo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya sih daftarnya pas puluhan ribu mas. :D coba aja dulu mas.

      Hapus
  14. Mas di blog saya tiba2 ada iklan dari criteo , padahal aku belum pernah daftar , bagaimana cara klaimnya ya ?

    BalasHapus
  15. mas, jual akun criteo gak? gak bisa bikin akunnya...

    BalasHapus