Bagaimana Jika Admin JNE / POS Indonesia Salah Ketik Alamat ?

Jumat, 23 Desember 2016
Kita tahu bahwa era sekarang adalah era belanja Online. Dengan menggunakan Gadget, dimanapun seseorang berada bisa berbelanja dengan mudahnya, pembeli tidak perlu repot-repot mendatangi sebuah toko jika ingin berbelanja sesuatu. Dan barang yang dibeli secepatnya akan dikirim ke rumah kita oleh kurir jasa pengiriman barang seperti JNE ataupun POS Indonesia dll.
Tracking JNE Online
Tapi didalam proses pengiriman barang, tak jarang pula ada kendala yang membuat jengkel. salah satunya adalah Admin Expedisi tersebut salah ketik atau salah menginputkan alamat tujuan pengiriman barang.  Maksudnya, alamat yang di tulis / cetak oleh penjual (tertempel di paket barang) sudah benar, tapi ketika di input -kan oleh si Admin JNE/POS ke komputer jadi salah, jadi ketika kamu melakukan tracking di situs online JNE/POS alamat yang tertera salah atau tidak sama dengan yg ditulis/cetak oleh si penjualnya. Jadi Tentu hal tersebut membuat si pembeli was-was karena takut barang tidak sampai ke alamat tujuan. Terus bagaimana jika hal tersebut terjadi dengan paket barang kita ???

Jika anda seorang pembeli, hal pertama yang anda lakukan adalah jangan panik dahulu. Yang kedua silahkan konfirmasi kepada Penjual/Seller, apakah alamat yang yang kamu berikan sudah benar di tulis/cetak oleh si penjualnya. Kalau si penjual mengkonfirmasi sudah benar syukurlah, berarti emang kesalahan terjadi di admin POS/JNE nya.

Anda gak perlu was-was barang tidak sampai kerumah kita/ alamat tujuan kita. Saya juga sering banget mengalami masalah ini, setelah saya konfirmasi ke kurir JNE/POS, ternyata yang menjadi panduan pengiriman barang oleh kurir adalah alamat yang tertera di paket barang. Jadi alamat yang tertempel di paketlah yang menjadi acuan si kurir dalam pengiriman, bukan yang tercatat di database online atau di kertas invoice (bon) yang dibawa di kurir. Sesuai pengalaman saya, barang akan tetap terkirim ke alamat kita walaupun ketika di tracking online alamatnya salah.

Disclaimer : Artikel ini hanya untuk Expedisi POS dan JNE, expedisi yang lain saya belum pernah mengalami hal ini. Tapi kemungkinan juga sama ya.

Jika kalian seorang Penjual maupun Pembeli di sebuah Toko Online / Market Place pasti akan sering mendapat masalah ini.

Oleh : Andik Setyawan

You Might Also Like

5 komentar

  1. begitu ya bang
    baru kali ini sy alami dimana destination.a salah tapi nama saya dan alamat sy benar. (info resi sy di web jne)
    smg ya acuan kurir adalah alamat yg tertempel di paket ..
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, biasanya sih kurir melihat di alamat yg terpasang di paket. tapi tidak bisa pastikan 100% juga.

      Hapus
  2. Aduh salah ketik segala... bahasa atuh...
    Salam unmetered.co.id

    BalasHapus
  3. Min mau nanya dong saya pesen barang di online punya ka2.... tapi saya salah tulis rt nya aja yg di alamat nya lain nya udah bener...kira kira paket sampai gak apa ngga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ditunggu aja dulu kk, biasanya klo kurir JNE kesulitan mnmukan alamt merkea akan telp. klo memang kok sdh lama tpi gk datang bisa hubungi jne warehouse di tempat kk.

      Hapus