Cara Menstabilkan Koneksi Internet Ketika Digunakan untuk Upload

Selasa, 13 Desember 2016
Mungkin bagi teman-teman juga mengalami hal ini. Ketika Upload sebuah file ke youtube, google drive maupun file hosting yang lain koneksi saya langsung LEMOT / DOWN bahkan ping jadi RTO, praktis tidak bisa digunakan apa-apa lagi. Tentu ini sangat mengganggu jika anda memakai internet wifi yang digunakan oleh orang lain juga, misalnya di kantor, kos dll. Teman anda pasti komplain karena koneksi tiba-tiba lemot banget,

Seandainya nih, di jam kerja anda lagi upload video ke youtube. Tapi karena koneksi internet kurang stabil itu, proses upload mengakibatkan PING menjadi 3000-an bahkan RTO. Dan di waktu itu juga kamu harus ada hal lain yang ingin kamu kerjakan dengan browsing-browsing dll. Nah pasti kamu harus nunggu proses upload selesai kan ?. Karena dengan PING diatas 2000 internet anda tidak bisa digunakan/lemot. Kan kalau lagi Upload biar tidak terasa lama enaknya sambil browsing-browsing ataupun lihat youtube.

Itu hal yang saya alami beberapa minggu ini, karena saya belum tahu cara mengakali itu. terpaksa ketika saya mau upload file yang lumayan besar harus nunggu pas mau tidur atau pas lagi mau keluar rumah. Dan kalau terpaksa harus nunggu proses upload sampai selesai baru menggunakan internet lagi untuk yang lain. Dan itu membuat saya merasa merepotkan.

Nah, bagaimana supaya kita bisa upload file tapi koneksi masih bisa digunakan untuk browsing dan hal yang lain. Jadi kita masih bisa browsing maupun membuka youtube. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membagi bandwith kita ketika upload / membatasi kecepatan upload, sehingga bandwith tidak dihabiskan untuk upload file dan masih lancar digunakan untuk hal yang lain. Tapi  hal ini akan membuat proses upload anda sedikit lama, tapi anda bisa menyesuaikannya juga kok. Kita hanya perlu pintar-pintar dalam membagi bandwith-nya saja.

Disclaimer : Cara yang saya share ini hanya bisa digunakan untuk pengguna komputer dan menggunakan browser Chrome atau Opera. Kalau browser lain saya belum mencoba, tapi yang saya tahu browser Edge juga tidak bisa.

Kita akan menggunakan fitur Throttling pada browser , tentu ini akan bekerja pada semua browser yang mendukung fitur throttling. Bandwidth throttling adalah proses melambatkan kecepatan / bandwidth internet dengan sengaja.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Pastikan browser telah terbuka.
Hompage Chrome

2. Buka fitur developer tools , tekan f12 / ctrl+shift+i untuk Chrome. Dan ctrl+shift+c untuk Opera. untuk browser lain silahkan search sendiri di google ya.
Developer tools Chrome
3. Pilih tab Network dan kemudian pilih No Throttling. Lihatlah gambar dibawah ini:
Throttling 
4. Setelah anda klik No throttling , akan muncul beberapa menu throttling.
Throttling 
Karena kita akan mencustom throttling, jadi  di dalam area custom pilih Add. (lihat gambar)

5. Kemudian tekan Add custom profile
Adding Throttling Profile
6. Kemudian buatlah profil throttling-nya.
Adding Throttling Profile
- Profile Name : Isi terserah anda. sesuaikan dengan profil kecepatan upload yang ingin kamu buat.
- Download : Batas kecepatan maksimal ketika download dari browser di tab tersebut (dalam satuan kb/s).
- Upload : Ini yang paling penting, isilah sesuai keinginan kamu (dalam satuan kb/s). Lebih jelasnya silahkan ikuti langkah selanjutnya. Dan untuk sementara inputkan angka seperti digambar aja ya. Karena selanjutnya kita butuh menyesuaikan inputan yang pas.
- Latency : Untuk latency isi 2ms aja.

7. Kemudian klik add terus close (x) aja window add profile throttling-nya.
Throttling Profile

8. Nah selanjutnya, pilih lagi No Throttling kemudian pilih profile yang sudah kamu buat tadi:
Pilih Profile Throttling
Jika sudah kamu pilih akan seperti gambar berikut:
Pilih Profile Throttling
Oke, untuk langkah pembuatan Profile Throttling telah selesai. Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah dengan mencoba profile diatas apakah sudah pas/tepat sesuai keinginan kita. Untuk lebih mudahnya kita akan coba simulasikan mengupload video di youtube.

1. Langsung buka aja youtube dari tab browser diatas, karena kita  sebelumnya sudah memilih throttling dengan profile yang sudah kita buat. Perlu diingat bahwa profile throttling ini hanya bekerja/work di tab tersebut, jika kamu ingin membuka tab baru untuk upload, maka kamu harus memilih throttling profiles lagi  ya.

2. Kemudian coba upload sebuah video ke youtube. dan setelah itu sambil coba buka tab baru buat browsing. Cek apakah sudah lancar untuk browsing atau belum. Jika kamu sudah memilih profil Throttling dan koneksi kelihatan masih tidak ada efeknya, silahkan refresh halaman tersebut dan coba kembali melakukan upload. Tips dari saya supaya enak adalah dengan memonitoring sambil melakukan Ping ke alamat Google.com. jika hasil Ping terlalu besar (diatas 2000ms) atau membuat koneksi masih lemot, berarti besar angka upload yang kamu masukkan terlalu besar, turunkan batas kecepatan upload-nya. Silahkan edit profil tersebut sampai kamu anggap pas/tepat yang menurut kamu maksimal untuk upload dan maksimal untuk browsing.

Kalau masih bingung silahkan putar video berikut:

Oke, cukup sekian tutorialnya. Kalau masih ada yang bingung silahkan tanyakan di komentar ya. Terimakasih.


You Might Also Like

1 komentar

  1. Migrasi saja ke paket unlimited biar nggak kepikiran..
    Salam unmetered.co.id

    BalasHapus