Perguruan Tinggi Terbaik di Surabaya

Selasa, 18 Juli 2017
Berikut ini merupakan daftar perguruan tinggi / universitas terbaik di daerah Surabaya berdasarkan rangking dari dikti:

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (No. 5 Tingkat Nasional)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang biasa disingkat ITS, didirikan sebagai hasil konferensi Dewan Teknik Indonesia tahun 1954 di Bogor. Gagasan tersebut dikembangkan lebih lanjut saat Konser menyelenggarakan peringatan lima tahun pertama di Surabaya pada tahun 1957. Kemudian, Dewan Direksi Jawa Timur memutuskan untuk mendirikan Yayasan Sekolah Teknik atau Universitas pada tanggal 17 Agustus yang dipimpin oleh dr. Angka Nitisastro. Pada tanggal 17 Agustus 1957, Yayasan meresmikan Sekolah Teknik Sepuluh Nopember Surabaya. Sekolah tersebut diresmikan secara resmi oleh Presiden Soekarno, Presiden Indonesia pertama, dan memiliki dua jurusan, yaitu teknik sipil dan mekanik.
wikipedia : 17 March 2006
Status Sekolah Teknik kemudian diubah ke sekolah teknik negara di Surabaya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 9/1961 tanggal 23 Maret 1961 yang menyatakan lahirnya Lembaga tersebut pada tanggal 10 November 1960. ITS saat ini mengambil langkah serius untuk menjadi universitas. Dengan akreditasi internasional Ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan diri berada di 100 universitas terbaik di Asia atau di 500 universitas terbaik di Dunia. Lembaga ini saat ini mengadopsi paradigma baru dengan melakukan akselerasi sekuensial untuk mewujudkan universitas pembangunan ekonomi (EDU), sementara pada saat yang sama.

Universitas Airlangga (No. 8 Tingkat Nasional)
Sejarah UNAIR dapat ditelusuri kembali dari dua institusi pendidikan, Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan Sekolah Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT); Masing-masing dibentuk oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1913 dan 1928. Konflik pasca-kemerdekaan telah menghentikan kemajuannya, namun pada tahun 1948, pemerintah Belanda mendirikan Tandheelkunding Instituut (cabang Universiteit van Indonesie, Jakarta); Kemudian dibuka kembali dan dinamai NIAS sebagai Faculteit der Geneeskunde (juga cabang Universiteit van Indonesie, Jakarta).
Gedung UNAIR
Pemerintah Indonesia secara resmi membuka Universitas Airlangga sebagai institusi pendidikan tinggi pertama di Indonesia Timur pada tahun 1954. Upacara peresmian dilakukan oleh presiden Indonesia pertama, Dr. Ir. Soekarno; Kebetulan dengan Hari Pahlawan ke-9 (10 November 1954). Secara hukum, universitas tersebut didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954.

Visi
Berjuang untuk menjadi universitas mandiri, inovatif, dan terkemuka, baik nasional maupun internasional.
Merintis pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora berdasarkan moral religius.

Misi
Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan akademik, pendidikan profesional, dan / atau pendidikan kejuruan dengan kualitas kelas dunia berdasarkan kebangsaan dan moral religius.
Melakukan penelitian dasar, penelitian terapan, dan penelitian kebijakan dengan keunggulan kelas dunia berdasarkan kewarganegaraan dan moral religius; Dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan dan pengabdian masyarakat.
Mengdedikasikan keahlian kami dalam sains, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat.

Universitas Kristen Petra (No. 15 Tingkat Nasional)
Universitas Kristen Petra
Sebagai salah satu universitas swasta terbesar yang berlokasi di Surabaya, Universitas Kristen Petra (PCU) pertama kali didirikan pada bulan September 1961 dengan sebuah visi untuk menjadi universitas yang peduli dan global yang berkomitmen terhadap nilai-nilai Kristen. Saat ini, PCU memiliki 6 fakultas dengan total 21 jurusan / program. Selama hampir 50 tahun, PCU telah membuat komitmen untuk terus melakukan perbaikan di bidang akademik dan manajemen agar tetap dapat menjaga kualitas pendidikan dan pelayanan yang baik. Selain itu, seiring dengan komitmennya, beberapa prestasi dan pengakuan telah tercapai. PCU sangat berterima kasih karena telah diakui oleh Kopertis VII (Koordinator untuk Universitas Swasta wilayah VII) sebagai bagian dari 5 kampus unggulan dalam lingkup regional mulai tahun 2008 sampai 2010.

Selanjutnya, berdasarkan peringkat Webomatrics dari tahun 2010-2011, PCU telah secara konsisten diambil sebagai top 10 universitas di indonesia Tentunya, pengakuan menjadi pendorong untuk terus meningkatkan dan menjaga kualitas diri agar bisa memberikan pendidikan dan pelayanan berkualitas bagi pemangku kepentingan.

Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (No. 18 Tingkat Nasional)
Sejarah dari Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) berawal pada tahun 1985. Pada waktu itu, tim studi dari Jepang yaiut Japan International Cooperation Agency (JICA) datang ke perguruan tinggi ini. Setelah dilakukannya pengamatan maupun studi kelayakan pada tahun 1986, JICA akhirnya menyetujui untuk berkerjasama di tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang. Pada tanggal 15 Maret 1988, Pemerintah Jepang, melalui JICA secara resmi memberikan sebuah gedung kampus kepada pemerintah Indonesia lengkap dengan berbagaibeserta peralatan pendidikan.

Politekni yang mempunyai jargon JOSS (Jujur, Orisinal, Sopan dan Santun) ini terletak di Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo Surabaya.  Letak kampus PENS berdampingan dengan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang juga masih satu kompleks dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Karena letak kampus yangberada di sekitar kampus ITS tentu saja menimbulkan angggapan bahwa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya masih bagian dari ITS.

Universitas Negeri Surabaya (No. 21 Tingkat Nasional)
Universitas Negeri Surabaya merupakan salah satu Universitas Negeri yang berada di Kota Surabaya, didirikan pada tanggal 19 Desember 1964. Universitas yang biasa disebut UNESA ini merupakan salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia. Dan beberapa prestasi yang dimiliki UNESA diantaranya adalah sebagai berikut :

- Juara I Kontes Robot Cerdas Indonesia 2009 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta
- Meraih 11 Emas, 9 Perak, dan 10 Perunggu dalam kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2009 di Palembang.
- Juara Umum dalam kegiatan Pekan Olahraga Antarperguruan Tinggi se-Indonesia
- Seleksi Program Kreativitas Mahasiswa 2007 dengan penghargaan sebesar Rp. 126.730.000,- dan masih banyak prestasi-prestasi lainnya.

Setelah mengetahui banyaknya prestasi-prestasi yang diraih UNESA, tentunya hal tersebut memperlihatkan bahwa UNESA memiliki  kualitas yang baik. Hal ini tentunya bisa memberikan motivasi tersendiri bagi pada calon-calon mahasiswa-mahasiswi yang ingin kuliah di Universitas Negeri Surabay. 

Universitas Surabaya (No. 27 Tingkat Nasional)
Ubaya sudah lama diposisikan menjadi salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik. Semua program akademik diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Indonesia sebagai satu-satunya lembaga akreditasi untuk institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Hampir semua program telah mencapai peringkat tertinggi, membuat universitas tersebut menjadi salah satu universitas swasta terkemuka di negara ini dan wilayah Asia-Pasifik.

Ubaya menikmati eksposur internasional yang kuat melalui program internasional aktif yang ditunjukkan oleh total ratusan siswa asing dan akademisi yang secara teratur mengunjungi Ubaya untuk belajar dan memberikan kuliah dalam waktu singkat atau panjang. Universitas tersebut mendidik 12.000 siswa dari 7 fakultas yang berbeda dengan 20 program studi. Ada tiga kampus yang berdiri diatas lahan seluas 50 hektar.

You Might Also Like

0 komentar