Begini Wacana Perubahan Warna Plat Nomor Kendaraan Oleh Korlantas Polri

Minggu, 01 Oktober 2017
Beberapa waktu yang lalu pihak Korlantas Polri telah mengumumkan adanya wacana perubahan plat nomor kendaraan baik itu dari sistem, ukuran, dan warna plat nomor kendaraan itu sendiri.
Pihak Korlantas Polri mengungkapkan bahwa plat nomor kendaraan yang ada saat ini masih terlalu menyulitkan pihak kepolisian untuk mengindentifikasinya apabila terjadi pelanggaran lalu lintas yang terekam cctv serta ketika adanya pencurian.
sumber : Pertamax7.com
"Ada wacana untuk merubah warna terang sehingga mudah tertangkap kamera" ungkap Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa setelah acara HUT Korlantas yang ke-62.

Hal senada juga diungkapkan oleh Direktur Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Krisnanda Dwi Laksana "Rencana tengah bulan Oktober (tahun ini) akan dilaunching dari Korlantas untuk masalah kodenisasi Polantas di dalam mengimplementasikan tahun keselamatan" ungkap beliau ketika di Polda Metro Jaya.

Selain itu, wacana perubahan plat nomor kendaraan dari segi ukuran dan warna ini juga bukan hanya karena kebutuhan keamanan melalui CCTV saja. Akan tetapi ada beberapa aspek pendukung lain seperti keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan.

Hal tersebut juga diperkuat oleh ucapan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa yang sempat mewacanakan akan perubahaan plat nomor kendaraan. “Kami akan mencoba melihat wacana, mengubah regulasi warnanya, mengubah warna terang" ungkap beliau.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa juga menambahkan kalau plat nomor kendaraan Indonesia masih sulit terdeteksi atau terbaca lantaran menggunakan warna dasar hitam. Beliau juga menambahkan kalau beberapa Negara maju menggunakan plat nomor yang umumnya terang seperti putih, kuning dan biru muda. Hal tersebut juga diperkuat oleh lembaga penelitian kalau plat nomor kendaraan yang ada di Indonesia sangat sulit untuk di catch melalui CCTV.

Wacana ini nantinya akan dibahas lebih lanjut agar lebih pas dan mapan. Sehingga nantinya perubahaan plat nomor kendaraan tidak mengganggu sistem yang sudah ada saat ini.

Bisa jadi regulasi pergantian plat nomor kendaraan ini nantinya akan berjalan untuk kendaraan baru terlebih dahulu. Hal ini diperkuat dengan adanya ucapan dari beliau yakni "Step by step itu untuk kendaraan yang baru daftar jadi tidak merepotkan yang sudah pakai"

sutekno j.s

You Might Also Like

0 komentar