Cara Memperkuat Sinyal Smartphone atau HP yang Lemah

Sabtu, 07 Oktober 2017
Cara Memperkuat Sinyal Smartphone yang Lemah | Tentunya kita sebagai pengguna smartphone pernah mengalami suatu kondisi dimana ketika kita sedang asyik melakukan panggilan telepon ataupun sedang terkoneksi internet, secara tiba-tiba sinyal / signal jaringan seluler di smartphone / hp melemah atau kurang. Biasanya hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena mungkin ada gangguan pada layanan operator seluler atau bisa juga karena sinyal pada wilayah tersebut memang kurang stabil.
Apabila anda sering mengalami masalah pada sinyal smartphone yang lemah, sebenarnya anda pun bisa mengatasinya masalah tersebut agar sinyal di smartphone anda bisa kembali stabil. Nah, bagi anda yang belum caranya, berikut ini kami akan berikan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan pada sinyal smartphone yang kurang bagus.

5 Cara Memperkuat Sinyal Smartphone yang Lemah.
1.Memilih Jaringan yang Sesuai.
Tentunya kita semua sudah tahu bahwa smartphone saat ini bukan cuma dibekali dengan satu jaringan saja. Ada beberapa jenis jaringan yang disematkan dalam perangkat smartphone seperti jaringan GSM, 3G HSPA, dan 4G LTE. Jadi apabila jaringan yang ada disekitar kita belum menjangkau sinyal 4G, padahal smartphone yang anda gunakan menggunakan jaringan 4G, sebaiknya anda mengubahnya ke mode jaringan 3G HSPA. Namun untuk mempermudah, anda pun bisa memilih semua mode jaringan tersebut. Jadi ketika anda berada disuatu tempat yang memiliki jangkauan sinyal kurang baik, secara otomatis perangkat anda akan menyesuaikan ke jaringan yang ada pada wilayah tersebut.
2.Merestart Smartphone.
Kemudian cara lainnya yang juga bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal smartphone yang lemah adalah dengan melakukan restart. Karena menurut cara yang satu ini cukup ampuh mengatasi masalah sinyal smartphone lemah. Anda bisa mematikan perangkat, lalu menyalakannya kembali. Cara ini dilakukan agar supaya sinyal di perangkat anda bisa kembali stabil. Akan tetapi apabila cara ini ternyata tidak berhasil, kemungkinan penyebabnya memang sinyal operator diwilayah anda memang sedang bermasalah. Solusinya adalah anda bisa mencoba untuk mengganti operator seluler lainnya yang punya dukungan sinyal jaringan paling bagus pada wilayah tersebut.
3.Hapuslah Beberapa Aplikasi yang Bisa Merusak Sinyal.
Meskipun aplikasi-aplikasi yang terpasang di perangkat smartphone kita sangatlah penting, namun ternyata ada beberapa jenis aplikasi yang memang sering menjadi penyebab melemahnya sinyal di smartphone. Maka dari itu untuk memperkuat sinyal pada perangkat yang kita gunakan, alangkah baiknya kita hapus saja beberapa aplikasi yang memang dirasa tidak begitu penting seperti misalnya aplikasi perekam telepon yang mana aplikasi ini biasanya akan berjalan bersamaan ketika kita sedang melakukan panggilan telepon yang menyebabkan kinerja smartphone menjadi terhambat dan akhirnya membuat smartphone menjadi kurang maksimal saat menangkap sinyal.
4.Gunakan Mode Airplane.
Salah satu cara untuk mengatasi sinyal smartphone yang lemah adalah dengan memanfaatkan mode airplane. Anda bisa mengaktifkan mode airplane sejenak untuk menonaktifkan sementara seluruh jaringan di perangkat yang anda gunakan. Tunggulah beberapa saat, kemudian matikan kembali mode airplane tersebut. Cara ini dilakukan agar supaya sinyal pada jaringan smartphone anda bisa kembali normal lagi.
5.Pilihlah Casing yang Tepat.
Kami yakin banyak dari pengguna smartphone belum mengetahui bahwa ternyata casing yang tertempel pada bodi smartphone bisa menjadi salah satu penyebab melemahnya sinyal smartphone. Hal itu dikarenakan karena memang bahan yang digunakan untuk membuat casing tersebut tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Apabila anda menggunakan casing berkualitas jelek, tentu ini bisa menjadi penghambat masuknya sinyal ke perangkat anda.

Dengan mengetahui beberapa cara memperkuat sinyal smartphone yang telah kami sampaikan tadi, tentunya akan sangat membantu anda ketika mengalami masalah pada sinyal jaringan di perangkat smartphone yang anda gunakan.

Sutekno J/s

You Might Also Like

0 komentar